Tips Meningkatkan Pembuatan Susu Kambing Etawa

Tumpuan dari memelihara kambing Etawa ini merupakan menghasilkan susu kambing. Sebagian besar warga Indonesia menata kambing hanya untuk "tabungan" ataupun digunakan dagingnya. Belum banyak yang memanfaatkan susunya. Jika ditinjau dari segi gizi yang terkandung pada dalamnya, susu peluang usaha susu kambing kambing mempunyai kandungan zat putih telur paling tinggi dibanding susu lembu dan susu kuda. Terlebih dilihat dari harganya, harga susu kambing masih jauh lebih tinggi apabila dibandingkan menggunakan harga susu sapi.

Saat ini belum besar peternak kibas yang mewujudkan susu wedus sebagai tambahan pendapatan. Seekor kambing Etawa yang menawan, dengan rezeki pakan yang cukup, siap menghasilkan susu kambing sebanyak 2 liter per tarikh. Harga bagi liter (tahun 2012) kisaran Rp 20 ribu. Tadinya ada kesanggupan dan kesempatan besar untuk pengembangan usaha produksi susu kambing. Beserta kualitas wedus yang cantik, seekor wedus Etawa bakal mampu menghasilkan pendapatan terusan Rp40. 000 per termuda per hari.

Berdasarkan kemahiran para gembala kambing turunan Etawa di Nganggring, Girikerto, Turi, Sleman, seekor wedus Etawa bakal memproduksi susu secara tertinggi ketika sumber tersebut telah beranak minimal 3 bengawan. Di bingkai lain, waktu ini permintaan susu kambing daripada hari di hari yang semakin naik. Siapa konsumen susu kibas?

Konsumen susu kambing Etawa adalah merencanakan yang menguji suatu masalah kesehatan, seperti TBC, asma, batuk-batuk, ataupun merencanakan yang mempunyai penyakit yang sudah kronis. Selain merencanakan yang berpenyakit, saat ini dari banyak orang sugih yang mengatasi susu wedus. Mereka menyalin bahwa susu kambing meraup khasiat yang bagus utk kesehatan.

Tren konsumen susu kambing Etawa yang sebagian besar sosok kaya (di luar group penderita penyakit) kian merapatkan bahwa bisnis peternakan Etawa dengan tuntutan sebagai kibas perah siap memberikan kinerja besar serta prospeknya rupawan.

Negara tetangga seperti Malaysia dan Australia juga selagi gencar-gencarnya menjalin produk susu kambing. Kemajuan pesat akan permintaan susu kambing tidak lepas dr anggapan banyak orang mengenai moral susu wedus yang sangat luar biasa. Susu kambing Etawa, selain dijual dalam keadaan segar, pun mulai dikreasi menjadi beraneka ragam minuman hangat serta benih minuman yang bisa diawetkan. untuk memberikan variasi mencicip, para permulaan di Pedalaman Nganggring, Turi, Sleman menyarikan susu Etawa menjadi susu bubuk yang diberi mencicip jahe, strawberi, cokelat & berbagai variasi rasa yang lain.

Berbeda menggunakan tujuan pengawetan untuk pembesaran dan pembuahan, pada bisnis peternakan yang orientasi menelaah hasil sambungan berupa susu kambing baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.