Tips & Usaha Penerapan Instalasi Penangkal Petir

Secara sari, cara penempatan instalasi penangkal petir/anti guntur Viking sejajar berikut:

1. Pada tahap awal pengerjaan di mulai dari dengan memproduksi bagian grounding system terlebih dahulu, pada pertimbangan kedamaian dan pengistimewaan. Kemudian dilakukan pengukuran resistansi/tahanan tanah menggunakan Earth Testermeter, apabila perolehan pengukuran ityu menunjukan < 5 Ohm oleh karena itu tahapan pikulan berikutnya siap dilakukan. Seandainya hasil resistansi/tahanan tanah menunjukan > 5 Ohm maka di lakukan produksi atau penambahan grounding lagi di sebelahnya dan pada pararelkan pada grounding mula-mula agar resistansi/tahanan tanahnya berkurang sesuai menggunakan standarnya < 5 Ohm.

2. Setelah siap membuat grounding, langkah selanjutnya adalah memasang kabel penyalur (Down Conductor) dari titis grounding sampai keatas bangunan, tentunya dengan mempertimbangkan urat kabel yang terdekat serta hindari banyak belokan/tekukkan 90 derajat dengan demikian kebutuhan material dan pembawaan instalasi mampu efektif serta efisien. Rantai penyalur petir yang lazim di gunakan antara lainnya BC (Bare Copper), NYY atau Coaxial. Untuk tempat - tempat tertentu sepatutnya di haturkan pipa pemelihara (Conduite) beserta maksud kerapihan dan keamanan.

3. Jikalau kabel penyalur petir telah terpasang beserta rapih, oleh sebab itu tahap selanjutnya pemasangan head terminal petir tentunya mesti terhubung beserta kabel penyalur tersebut datang ke grounding system.

Penangkal Petir / Anti Guntur adalah tegas yang sudah biasa keliru di dalam bahasa saya, kesan yang ditimbulakn 2 istilah yang ada adalah damai 100 % dari suangi petir, walakin pada sudah barang tentu tidak demikian. Dalam perlakuan bahaya petir memang terselip beberapa unsur yang luar biasa mempengaruhi, bilamana kita ingin mencari pemecahan total penangkal petir berkualitas hendak bahaya guntur maka saya harus merancang faktor mereka.

Sambaran geledek tidak saksama pada pondok yaitu geledek menyambar pada luar areal perlindungan mulai instalasi penangkal petir yang telah terpasang, setelah itu arus guntur ini tersemai melalui instalasi listrik, rantai data / apa aja yang membidik ke gedung, akhirnya deraian petir ini merusak unit peralatan listrik dan elektronik di dalam pondok tersebut. Masalah ini tambah runyam plus peralatan elektronik menggunakan tarikan kecil, DC yang super sensitif.

Pada umumnya system perlindungan sambaran halilintar langsung meski membuat status kita aman 100 % dari petir melainkan membuat posisi pondok kita terlepas dari kebinasaan fatal konsekuensi sambaran sinambung serta merampas dampak keburukan peralatan listrik dan elektronik bila ada sambaran geledek yang menyenggol bangunan aku.