Tips Sederhana Menanam Cabe Rawit

Ditengah mutu cabai yang kian meroket hingga merajang kisaran mutu 80rb bagi kilo waktu ini banyak karet petani yang mencoba membudidayakan tanaman cabe khususnya cabe rawit. Martabat jualnya dipasaran sangat fluktuatif artinya kalau harga jual sedang muluk bisa sangat mahal terlintas mencapai 100rb per kg dan jika mutu jual padahal murah atau pada tatkala panen awam harganya bisa benar betul anjlok lalu 3rb tiap-tiap kg. Sebenarnya tanaman cabe tidak mengerti musim namun bila di dalam musim penghujan tanaman tersebut tidak mesti diairi seharga mengandalkan air hujan. Dikampung tempat beta tinggal yakni diaerah Ponorogo pedesaan belenting penduduk disekitar saya menugaskan cabe menggunakan cara yang sangat bersahaja tetapi moral yang itu hasilkan ternyata lumayan raksasa. Cara menyimpan cabe dari segi saya sanggup dilakukan denagan gampang & juga tidak memerlukan banyak biaya utk pengoprasiannya. Khayalkan saja kita hanya melakukan satukali pemupukan saja sehabis masa tanam dilahan (setelah pamindahan daripada tempat persemaian) saya mencicip sudah pas.

Cara Menyimpan Cabai Rawit

1. Menyiapkan lahan tanam bibit.



Hal pertama yang kudu anda lakukan adalah mencangkul tanah utk persemaian benih sementara. Metode ini tdk memerlukan pekarangan luas, dan kemudian taburkan diatasnya pupuk kerangkeng yang sudah kering.

2. Pemilihan Bibit.

Proses penentuan bibit dijalani sebelum persemaian bibit. Preferensi cabe yang tua & sehat. Jemur ditengah terik matahari refleks hingga resmi benar kering kurang lebih sekitar 10 perian.

Setelah seluruh cabe benar benar luruh sempurna tumbuk cabe lambat pelan tidak sampai bijinya pecah lantas pisahkan semua kredit biji cara menanam cabe cabe dengan indra peraba cabe.

3. Tahapan persemaian

Sebar skor cabe diatas lahan tanam bibit lantas anda sanggup menutup diatasnya dengan jerami kering. Hal ini menghendaki agar nilai cabai tdk terbawa uap ketika disiram atau jangka hujan jenuh. Sirami di pagi & sore. Sesudah biji cili berkecambah serta mulai tampak daun ambil lah jerami. Untuk pengawetan lakukan penyiraman 1 datang 2 x sehari yakni pagi dan sore.

4. Penanaman pada Lahan

Saat proses yang ada cabe disubkultur dari prasarana persemaian di lahan. Rata-rata dilakukan pada saat sepi hujan atau sehabis hujan Agar tidak layu yang akhirnya pasif.

5. Perawatan

Perawatan yang bisa dikau lakukan ketika menanam cabe adalah mencabuti rumput disekitar tanaman cili agar metode pertumbuahannya bukan terganggu. lantas anda siap memberikan gemuk pada usia satu tarikh. Caranya letakkan pupuk tatkala sebelah baur cabe sedikit kira kira 1 centong makan. Kalau tanaman cabe anda terserang hama semprotlah dengan racun hama.

6. Pengetaman

Cabe dapat dipanen lebih kurang umur 3 bulan yang bisa kalian panen 5 hari sekaligus. Pada dahulu awal panen cabe yang dapat dipanen masih hijau (untuk lalapan) belum bisa dipanen sampai sakit bulan dikarenakan cili masih banyak rontok dan belum renta benar. Biasanya cabe telah dapat dipanen merah sesudah panen ke 6 dan seterusnya.

Untuk memasarkannya dikau bisa refleks menjual cabe-cabe hasil daripada panen lawan orang-orang disekeliling anda atau jika hasil panen kau melimpah silahkan bernego beserta tengkulak cili disekitar anda. Demikian sedikit tips tentang cara menyimpan cabe rawit dari beta, semoga kisah ini beruntung buat anda.

Write a comment

Comments: 0